image
01 Januari 2018 | 14:18 WIB | LIFESTYLE

Apa Benar, Semakin Jarang Dicuci Jeans Bakal Semakin Bagus?

EKSPRESI– Suka memperhatikan celana jeans yang kamu pakai mengalami perubahan warna di bagian-bagian tertentu? Jangan khawatir, bukan tanda jeans bakal rusak atau kotor melainkan proses fading.

Yup, fading adalah perubahan warna jeans di bagian-bagian tertentu yang terjadi karena proses pemakaian. Hal tersebut menjadi seni serta kepuasan tersendiri bagi para penggemar celana jeans. Eits, tapi ternyata ada mitos yang menyebutkan kalau jeans kita bakal semakin bagus hasil fadingnya kalau jarang mencucinya, bahakan ada yang bilang buat nggak mencuci jeans minimal 6 bulan.

Seperti dilansir Hai, ternyata hal tersebut ada benarnya, karena fading pada dasarnya terjadi karena adanya gesekan pada bagian-bagian tertentu pada jeans yang mengakibatkan indigo terlepas dari jeans. Selain itu, begitu celana jeans dicelupkan pada air, indigo bakal terlepas pula, sehingga pada bagian-bagian yang terkena banyak gesekan, indigo akan semakin banyak terlepas dan terjadilah perbedaan-perbedaan warna pada bagian tertentu.

Tapi yang terjadi, banyak penggemar jeans malah seperti phobia terhadap air, karena menurut mereka air bisa melepas sebagian indigo pada jeans dan dianggap bakal merusak hasil fading. Sebenernya, indigo lepas ini tergantung juga pada kualitas jeansnya. Jeans jepang pada umumnya memiliki kualitas yang handal, hal ini disebabkan karena kualitas indigo yang bagus dan juga teknik dying yang superior.

Kedua hal ini berperan penting pada lepasnya indigo, dalam kasus ini jeans dengan kualitas indigo dan teknik dying yang bagus akan dapat menahan indigo lebih baik, jadi lepasnya indigo bisa berkurang setiap kali jeans dicuci. Hal ini pula yang membuat kebanyakan jeans jepang masih memiliki fading yang mantap walaupun dicuci berkali-kali.

Tapi yang pasti, mencuci jeans itu ada aturannya juga lho. Salah satunya adalah mencuci Dry Denim atau Raw Denim yang harus tunggu sampai minimal 6 bulan pemakaian.

Foto: verdenim

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )