image
31 Januari 2018 | 12:52 WIB | FYI

FIFA Mengakui Indonesia Sebagai Wakil Pertama Asia di Piala Dunia

EKSPRESI– Siapa yang bilang kalau Indonesia ngak pernah ikut Piala Dunia? Nggak hanya Jepang, China, Korea Selatan, Arab Saudi saja yang pernah menjajdi perwakilan Benua Asia di Piala Dunia. Buktinya, FIFA mengakui Indonesia adalah negara Asia pertama yang masuk ke dalam Piala Dunia lho.

Nah, hal tersebut langsung disampaikan oleh FIFA dalam sesi tanya jawab yang berlangsung di Twitter.

"Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia? Hindia Belanda, dikenal saat ini dengan Indonesia, tampil dalam edisi 1938 di Prancis,"tulis FIFA di akun @FIFAWorldCup.

Pada waktu itu, Indonesia masih bernama Hindia Belanda atau Dutch East Indies ketika bertampil di Piala Dunia 1938. Sebenarnya Jepang juga memiliki kesempatan lolos ke Piala Dunia 1938, tapi karena Negeri Sakura tersebut sedang mengalami masalah perang dunia, mereka memilih untuk mengundurkan diri.

Piala Dunia 1938 yang digelar di Prancis, masih menggunakan sistem sistem gugur seperti dua edisi Sebelumnya yaitu tahun 1930 dan 1934.

Dengan formasi 5-3-2, Hindia Belanda bertanding melawan Raksasa Eropa Timur, Hungaria, pada 5 Juni 1938 di Reims. Ternyata Hungaria masih terlalu tangguh untuk Hindia Belanda. Sangat disayangkan Hindia Belanda harus tersingkir dan mengalami kekalahan telak 0-6. 

Foto: twitter/@FIFAWoldCup

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )