image

PASUKAN PBB: Brigadir Tri Siswanto (tengah) berfoto dengan Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono sebelum diberangkatkan ke Sudan. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

13 Januari 2018 | 00:35 WIB | Solo Metro

Personel Polres Kembali Ditugaskan PBB

KLATEN, suaramerdeka.com - Satu lagi personel Polres Klaten mendapatkan mandat penugasan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Brigadir Tri Siswanto ditarik bergabung sebagai anggotaformed police united (FPU) X mewakili Indonesia ke Darfur, Sudan, Afrika.

Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono mengatakan, hanya ada 140 personel terbaik yang terpilih bergabung dalamUnited Nations African Mission In Dafur (UNAMID). Kami bangga dan ini kesempatan langka dan begengsi,'' katanya, Jumat (12/1).

Tahun ini dari Polres Klaten hanya ada tiga anggota yang ikut seleksi dan Siswanto satu-satunya yang lolos untuk menjadi menjadi duta Polres Klaten dan wakil Indonesia ke Sudan.

Personel FPU Indonesia menurut Kapolres selama ini telah menunjukkan profesionalitas, loyalitas dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugas mereka. Untuk itu dia berharap Siswanto bisa menjaga nama baik dan meningkatkan citra Indonesia dan kesatuan Polri sebagai kesatuan modern dan terpercaya.

FPU Kontingen Garuda Bhayangkara X adalah sebuah satuan tugas yang terdiri dari 140 personel polisi berseragam yang memiliki keterampilan Khusus kepolisian.

Kali Kedua 

Siswanto mengatakan saat seleksi awal ada sebanyak 900 anggota dari seluruh Indonesia ikut mendaftar, namun hanya 300 orang yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti seleksi lanjutan tingkat Mabes.

Siswanto mengaku bangga mendapatkan kesempatan untuk bergabung sebagai penjaga perdamaian PPB di Sudan.

Sebelum Siswanto, Bripka Agastya Harimurti personel dari Polsek Prambanan yang sebelumnya bergabung Kontingen Garuda Bhayangkara Minustah IV ditarik pulang bulan September 2017. Agastya ditugaskan di Haiti sebagaiindividual police officer selama satu tahun oleh PBB.

''Saya berangkat September 2016 dan pulang bulan September 2017,'' jelasnya.

Penugasanya dari PBB dalam misi stabilisasi Haiti dan tergabung dalamUnited Nation police in the UN stabilization Mission in Haiti

(Achmad Hussain /SMNetwork /CN39 )

NEWS TERKINI