image

Daerah sekitar Gunung Tidar, utamanya Kampung Tejosari, Kelurahan Magersari bakal dijadikan Kampung Pelangi, namun gagal di tahun 2018 ini, karena tidak didukung oleh DAK. (suaramerdeka.com/ Asef F Amani)

13 Januari 2018 | 09:50 WIB | Suara Kedu

Kampung Pelangi Tejosari Urung Diwujudkan

MAGELANG, suaramerdeka.com – Wacana pembuatan Kampung Pelangi di Kampung Tejosari, Kelurahan Magersari, Kota Magelang urung dilaksanakan tahun 2018 ini. Pasalnya, dana yang diusulkan Pemkot Magelang ke pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) ditolak.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jarwadi mengatakan, sejak tahun 2016 pihaknya sudah mengusulkan agar Kota Magelang mendapat DAK untuk pembuatan Kampung Pelangi. Tapi, sudah ada konfirmasi kalau dana itu tidak akan direalisasikan.

“Tahun ini kemungkinan Kampung Pelangi tidak bisa dibangun,” ujarnya, Sabtu (13/1).

Dia menuturkan, tanpa ada bantuan dari pemerintah pusat, maka akan sangat sulit untuk dapat mewujudkan rencana tersebut. Apalagi, APBD sangat tidak memungkinkan untuk mencakup Kampung Pelangi yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Tidar itu.

“Tidak mungkin APBD untuk membuat seperti itu. Kami masih akan kaji dulu dengan stakeholder terkait,” katanya.

Meski tidak ada alokasi DAK, kata Jarwadi, masih ada peluang lain agar Kampung Pelangi bisa dibangun tahun ini, yakni melalui bantuan sponsor atau CSR. Hal ini pula yang tengah digodoknya untuk makin mengintensifkan kerja sama dengan para pengusaha di Kota Magelang.

“Paling berpeluang dengan gandeng pihak ketiga. Rencana kami akan pertemukan para pengusaha dan diharap ada yang sepakat serta tertarik andil dalam membuat Kampung Pelangi,” tuturnya.

Menurutnya, Kampung Pelangi sebenarnya tidak menjadi hal yang krusial untuk saat ini. Sebab, jika terpaksanya tidak terealisasi tahun ini, ia memprediksi tingkat kunjungan wisata tahun 2018 tetap akan naik dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini mengingat mulai awal tahun beberapa wahana wisata baru akan digarap. Di antaranya Gardu Pandang di Gunung Tidar, Monumen Tanah Air Persatuan, Air Mancur Alun-alun, dan wahana tambahan lain di kompleks Taman Kyai Langgeng.

(Asef Amani /SMNetwork /CN33 )

NEWS TERKINI