image

Sejumlah warga dibantu anggota kepolisian melakukan evakuasi sebuah mikrobus sarat penumpang yang terguling di Jalan Raya Watumalang, Wonosobo, Jumat (12/1) petang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

13 Januari 2018 | 21:43 WIB | Suara Kedu

Hendak Takziyah, Mikrobus Sarat Penumpang Terguling

WONOSOBO, suaramerdeka.com- Sebuah mikrobus bernomor polisi AA-1662-CF yang membawa belasan penumpang, terguling di Jalan Raya Watumalang, Wonosobo, Jumat (12/1). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun empat orang mengalami luka ringan. Sementara penumpang lain selamat, namun mengalami shock lantaran guncangan saat sebuah mikrobus yang hendak mengantar rombongan takziyah di Desa Kuripan Kecamatan Watumalang terjun ke sawah warga.

Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, melalui Kanit Laka Lantas Polres Wonosobo, Ipda Nur Wahyu, mengungkapkan, insiden tersebut diduga lantaran sang sopir nekat menyalip sebuah mobil pickup di jalur sempit, tepatnya di wilayah Dusun Wonoroto Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang. Karena sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya, mikrobus akhirnya terguling ke sawah kering milik warga sedalam dua meter. 

"Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), penyebabnya diduga karena bahu jalan sebelah kanan tidak kuat menahan beban mikrobus. Pada saat kejadian, ada mobil pickup berhenti di sebelah kanan jalan. Diduga sopir nekat menyalip meski jalan sempit dan rusak. Kondisi jalan yang gelap juga menyulitkan, hingga akhirnya microbus terlalu ke kanan. Karena bahu jalan yang berupa tanah tidak kuat menyangga berat kendaraan, maka mikrobus tersebut langsung terguling,” katanya.

Dalam kondisi gelap, belasan penumpang mencoba keluar dari mikrobus. Namun ada empat mengalami luka ringan akibat benturan bagian kendaraan. Sejumlah warga yang rumahnya dekat lokasi kejadian langsung berupaya menolong korban, dengan membawa ke Puskesmas Watumalang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Setjonegoro Wonosobo. Mendapat laporan dari warga, petugas langsung mendatangi TKP. "Para korban  sudah menjalani perawatan di Puskesmas Watumalang dan RSUD Setjonegoro Wonosobo,” ungkap dia.

Selain petugas langsung mengevakuasi para korban luka dan mengamankan pengemudi, mikrobus akhirnya berhasil diangkat dari sawah setelah warga bersama polisi menariknya kembali ke jalan. Untuk proses lebih lanjut, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap sopir mikrobus berinisial PR. “Untuk pengemudi sudah kami lakukan pemeriksaan. Kendaraan masih kami amankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Kami mengimbau masyarakat tetap berhati-hati saat berkendara, apalagi di jalan sempit dan kondisi malam atau pun hujan," imbaunya.

Sementara itu, menurut Budi, salah satu saksi kejadian, rombongan penumpang di dalam mikrobus hendak takziah ke salah satu saudara di Desa Kuripan Kecamatan Watumalang. Kejadian juga begitu cepat, sehingga saat mobil terperosok ke sawah para penumpang hanya bisa menjerit. “Saat sampai di Dusun Wonoroto, sekitar habis maghrib, sopir mau nyalip. Tapi karena kondisi agak gelap ditambah jalan sempit dan rusak, tahu-tahu sudah terguling. Alhamdulillah kita tidak apa-apa. Hanya ada empat penumpang yang luka ringan,” tandasnya. 

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI