image

Foto: Istimewa

24 Januari 2018 | 16:15 WIB | Pilkada Serentak

KPK Temukan Harta Calon Kepala Daerah Minus Rp 115 Juta

JAKARTA, suaramerdeka.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan ada calon kepala daerah yang hartanya justru minus. Harta minus itu tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Calon kepala daerah yang hartanya minus itu adalah Syapuani. Ia mendaftar sebagai calon bupati Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah dengan total harta minus Rp 115.172.000.

"Kondisi itu biasanya kalau minus adalah ada utang. Kalau itu kejadian sebenarnya dan dia sudah jujur ya kita harus apresiasi," kata Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa, Rabu (24/1).

Meski demikian, KPK tetap akan melakukan verifikasi riil terhadap LHKPN semua calon kepala daerah itu. Cahya berharap bagi bakal calon kepala daerah untuk tidak terlilit utang saat kampanye hingga berpotensi melakukan korupsi saat menjabat nantinya.

"Tentunya tahap selanjutnya kami akan analisa lebih jauh. Tetapi yang terpenting sepanjang itu jujur memang kondisinya seperti itu yang kita hargai," ucap Cahya.

"Yang penting nanti sudah jadi jangan sampai mau menutup utangnya dengan cara-cara tidak baik. Dalam masa kampanye ini pakai cara-cara pinjam sana sini, sehingga terlilit utang nggak bisa bayar kan repot," sambungnya.

(DTC /CN41 )