image

Foto: suaramerdeka.com/M Abdul Rohman

13 Februari 2018 | 20:07 WIB | Suara Kedu

Tebing Longsor Timpa Rumah Miarto

WONOSOBO,suaramerdeka.com- Rumah milik Miarto (60), warga Dusun Jambon Desa Lamuk Kecamatan Kaliwiro, Wonosobo rusak tertimpa tanah longsor, Minggu (11/2) sekitar pukul 20.00. Tanah longsor dari tebing dengan tinggi sekitar 10 meter tersebut, membuat bangunan tembok belakang rumah Miarto rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun masyarakat di sekitar tebing diminta berhati-hati, karena rawan terjadi longsor susulan.

Komandan Koramil Kaliwiro, Kapten Infanteri Sutiyono menyebutkan, tanah longsor terjadi lantaran tingginya curah hujan di sejumlah wilayah Wonosobo, terutama Kecamatan Kaliwiro sejak beberapa hari terakhir. "Di Dusun Jambon Desa Lamuk, tanah tebing mengalami longsor dan menimpa rumah Miarto. Sejumlah rumah lain juga rawan terdampak, karena lokasi tebing rawan terjadi longsor susulan," ungkapnya kemarin.

Menurut dia, mendapat laporan perihal tebing longsor tersebut, pihaknya berupaya melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, serta melakukan pengecekan lokasi bersama tim BPBD, aparat kecamatan, polsek dan aparat Desa Lamuk. "Langkah-langkah yang kami ambil, mengevakuasi korban untuk menghindari terjadinya longsoran susulan. Dari pihak BPBD melakukan inventarisasi kerugian," jelas dia.

Sebagai langkah tindak lanjut, pihaknya juga melaksanaan pembersihan lokasi kejadian bersama elemen lain. Warga masyarakat di sekitar tebing diminta tetap berhati-hati dan selalu meningkatkan kewaspadaan bencana. "Jika hujan deras, apalagi dalam waktu cukup lama. Lebih baik mencari lokasi yang aman terlebih dahulu, karena kondisi tebing sudah cukup memprihatinkan, bisa sewaktu-waktu terjadi longsor susulan," imbaunya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Prayitno mengimbau, masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan bencana di puncak musim ini. "Kami senantiasa berkordinasi dengan pihatk TNI-Polri untuk melaksanakan kesiapsiagaan bencana dan melakukan reaksi cepat jika terjadi bencana di lapangan. Kami mengimbau masyarakat tetap berhati-hati saat hujan deras," imbaunya.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN38 )