image

AKAN DITERTIBKAN: Kawasan Pasar Jepon akan ditertibkan, hari ini 14 Februari menyusul kesepakatan yang telah diputuskan dalam pertemuan sejumlah pihak terkait dan pedagang. (SM/Abdul Muiz)

14 Februari 2018 | 00:56 WIB | Suara Muria

Pedagang Setuju Penataan Pasar Jepon

  • Penertiban Dilakukan Hari Ini

BLORA, suaramerdeka.com- Hari ini (14/2), pedagang dan aparat sepakat menata Pasar Jepon agar lebih indah, tertib dan rapi setelah rampung direnovasi. Berdasarkan kesepakatan, tidak akan ada lagi pedagang berjualan di luar area pasar, apalagi meluber ke tepi jalan raya. Selain itu pedagang, mobil angkutan umum, becak dan dokar serta area parkir ditata agar area pasar terlihat lebih indah dan tertib.

Kepala Satpol PP Blora Anang Sri Danaryanto melalui Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah Suripto mengungkapkan, belum lama ini, digelar pertemuan dalam rangka penataan pasar Jepon.

Rapat tersebut diikuti organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Satpol PP, Polsek dan Koramil Jepon, Paguyuban Pedagang Pasar Jepon dan kelurahan. ‘’Sebanyak 14 poin kesepakatan dicapai dalam pertemuan tersebut. Ke-14 poin itu dalam rangka penataan Pasar Jepon menjadi lebih tertib,’’ ujar Suripto, kemarin.

Adapun kesepakatan yang diputuskan bersama antara lain semua pedagang yang berada di luar pasar harus masuk ke dalam. Pedagang yang berjualan di atas mobil dipindah atau ditempatkan di sebelah utara pasar (jalan jurusan pegadaian).

Lima dokar bergantian ditempatkan di sebelah barat pasar halaman parkir dan dokar lainnya di tempatkan di jalan jurusan Desa Turi. Halaman sebelah barat pasar dikembalikan fungsinya sebagai tempat parkir dan bongkar muat barang.

Kesepakatan lainnya kendaraan angkutan umum (roda empat) dilarang ngetem menunggu penumpang di depan pasar dan dialihkan ke sebelah timur. Apabila pedagang dari luar pasar tidak muat masuk ke pasar maka parkiran kendaraan roda dua di dalam pasar dipindahkan.

Halaman sebelah barat pasar pada malam hari boleh untuk berjualan, namun setelah selesai berdagang barang/lapak supaya dibawa pulang. ‘’Hasil keputusan rapat tersebut selanjutnya disosialisasikan kepada para pedagang,’’ tandas Suripto.

Keputusan Rapat

Dia mengungkapkan, untuk memastikan keputusan rapat itu dilaksanakan dengan baik, pihaknya bersama aparat terkait lainnya akan melakukan penertiban 14 Februari. Penertiban akan dipimpin Camat dibantu Satpol PP, Polsek, Koramil dan aparat terkait lainnya.

Penataan dan penertiban dilakukan karena selama ini pasar yang berada di tepi jalan Blora-Cepu tersebut semrawut. Banyak pedagang yang berjualan di luar area pasar bahkan hingga ke tepi jalan. Kesemerawutan diperparah lagi dengan adanya kendaraan yang berhenti atau parkir di sembarang tempat.

Akibatnya, kemacetan arus lalu lintas kerap terjadi di depan Pasar Jepon. ‘’Kami ingin pasar Jepon ini tertata lebih bagus lagi. Tidak ada kemacetan arus lalu lintas, sehingga yang akan berbelanja lebih nyaman,’’ kata Wigati, salah seorang warga Jepon. 

(Abdul Muiz /SMNetwork /CN34 )