image

GERAK LAGU: Ketua Persit KCK Cabang XLIX Kodim 0728 Wonogiri Ny Dewi Basuki Sepriadi (berdiri tengah), disambut anak-anak TK Kartika III-54 dengan menyajikan gerak lagu, yakni menyanyi sambil menari. (suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

14 Februari 2018 | 06:58 WIB | Solo Metro

Pembentukan Karakter Tak Terbatas di Bangku Sekolah

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Pembentukan karakter murid, tidak hanya terbatas pada pengajaran di bangku sekolah saja, namun juga di lingkup keluarga dan lingkungan sekitar. Demikian ditegaskan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XLIX Kodim 0728 Wonogiri, Ny Dewi Basuki Sepriadi.

Penegasannya tersebut, Selasa (13/2), disampaikan ketika melakukan kunjungan ke Taman Kanak-kanak (TK) Kartika III-54 Wonogiri. Ikut serta mendampingi dalam kunjungannya itu, Ketua Bidang Pendidikan (Ny Tutik M Tono) dan Bendahara (Ny Erna Rukimin).

Mereka disambut Kepala TK Kartika III-54  Athanasia Sri Handayani dan Guru Nurtjahjaningsih. Saat itu, para siswa tengah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, yang mencakup pembelajaran bidang budaya, yakni dengan kegiatan senam dilanjutkan berdoa sebelum masuk kelas, bidang ketrampilan dengan kegiatan mewarnai gambar, dan bidang sosial diwujudkan dengan kegiatan mengumpulkan hasil mewarnai dan merapikan peralatan yang telah dipergunakan selesai menggambar.

Sebagai istri Dandim 0728 Wonogiri, Ny Dewi Basuki Sepriadi, menjabat sebagai Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XLIX Kodim 0728 Korem 074 Cabang III Diponegoro. Dalam kapasitasnya ini, dia memiliki tangungjawab untuk memajukan TK Kartika sebagai ajang belajar anak-anak pra-pendidikan dasar. ''TK merupakan tempat mendidik anak-anak untuk dipersiapkan menuju jenjang Sekolah Dasar (SD),'' jelasnya.

Hal penting yang tidak boleh terlupa, adalah membimbing anak-anak untuk bersosialisasi, menghormati guru, dan belajar untuk memiliki tanggungjawab, serta mengerti tentang cita-cita. Dipesankan oleh Ny Dewi,  agar guru dapat mendidik dengan baik, untuk mempersiapkan generasi masa depan berjiwa Pancasila.

Kepala TK Kartika III-54, Athanasia Sri Handayani yang juga merangkap sebagai guru, menyatakan, TK yang diasuhnya berdiri tahun 1974. ''Kami mengajar di sini sejak tahun 1995,'' katanya smebari menambahkan, jumlah murid ini ada 31 anak, dibagi menjadi kelas A 10 anak dan kelas B 21 anak.

Untuk kegiatan ekstra, diajarkan teknik mewarnai gambar, drumband, TPA, menari dan kegiatan rutin seperti outing class setiap 1 bulan 1 kali, serta kegiatan parenting setiap 4 bulan 1 kali. ''Juga aktif mengikuti perlombaan yang di selenggarakan oleh lembaga Bina Prestasi Surakarta, maupun lomba yang diselenggrakan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri,'' jelas Athanasia.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN39 )