image

Foto Istimewa

14 Februari 2018 | 12:44 WIB | Suara Kedu

Sleman Raih SAKIP Sangat Baik

SLEMAN, suaramerdeka.com- Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih peringkat BB atau sangat baik untuk evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) wilayah III tahun 2017. Peringkat yang sama juga diperoleh masing-masing kabupaten dan kota di DIY dengan nilai rata-rata 74,28

Sedangkan di tingkat provinsi, DIY menjadi satu-satunya wilayah yang mendapat peringkat A dengan nilai AKIP rata-rata 84,22. Atas pencapaian ini, Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya yang telah bekerjasama dengan baik. "Semoga tahun ini kinerja dapat ditingkatkan lagi termasuk lewat berbagai inovasi kebijakan. Targetnya tahun depan bisa mendapat predikat A," kata Sri, Rabu (14/2).

Hasil SAKIP telah diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI Asman Abnur kepada Bupati di Hotel Tentrem Yogyakarta pada Selasa (13/2). Acara tersebut juga dihadiri oleh 12 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota.

Sebelumnya pada kesempatan acara itu, Asman meminta kepada seluruh pemerintah daerah agar mampu mengimplementasikan SAKIP di daerahnya masing-masing dengan baik.
SAKIP sendiri berfungsi sebagai tolok ukur manfaat dan outcome anggaran, serta manfaat yang dirasakan masyarakat. Sebab dipandang, kinerja pemerintahan yang baik adalah yang mampu dirasakan manfaat dan outcomenya oleh masyarakat.

"Kita selama ini bangga melaporkan serapan anggaran lebih dari 90 persen atau laporan keuangan dengan predikat WTP. Tapi saat ditanya apa manfaat, hasil, dan outcome, disitu lama menjawabnya. Maka dengan SAKIP ini yang ditekankan adalah manfaat dan outcome dari sebuah anggaran untuk masyarakat," katanya.

Kementerian PAN-RB menargetkan seluruh kabupaten/kota dan provinsi untuk tahun 2018 ini tidak ada yang mendapat predikat CC,C dan D untuk evaluasi SAKIP. Nilai yang diperoleh minimal meraih peringkat B.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN19 )