image

Foto ilustrasi: Istimewa

14 Februari 2018 | 17:00 WIB | Pilkada Serentak

Dana Kampanye Pilgub Sumut Dibatasi Rp 83,29 Miliar

MEDAN, suaramerdeka.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menetapkan batasan dana kampanye di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018, yakni Rp 83,29 miliar. Angka tersebut berdasarkan kesepakatan bersama antara tim pemenangan pasangan calon (Paslon) dan KPU Sumut.

Komisioner KPU Sumut Divisi Hukum, Iskandar Zulkarnain mengatakan, dengan telah ditetapkannya batasan tersebut, maka paslon dan tim pemenangan harus mematuhinya selama pelaksanaan kampanye yang akan dimulai 15 Februari-24 Juni 2018.

“Para paslon harus tunduk dalam penerimaan dan pengeluaran, karena telah dibatasai. Jadi tidak boleh melebihi angka tersebut, itu jumlah maksimal penggunaan dana selama kampanye,” ujar Iskandar, seperti dilansir RRI, Rabu (14/2).

Iskandar menjelaskan, dalam pembatasan dana tersebut, KPU dan tim pemenangan paslon telah menyepakati batasan dana beberapa kegiatan yang akan dilakukan paslon dan tim selama masa kampanye. Mulai dari rapat umum, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, manajemen/konsultan kampanye, alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang akan dicetak.

Selain itu ada tiga tahapan dana kampanye yang harus dilaporkan paslon. Tahap pertama, paslon diwajibkan menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) sekaligus melaporkan rekening khusus untuk penerimaan dan pengeluaran dana kampanye pada 14 Februari 2018.

Kemudian penyampaian Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada 20 April 2018. Terakhir, Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang disampaikan pada 24 Juni 2018, atau tiga hari sebelum hari pencoblosan.

Dikatakan Iskandar, penerimaan dan pengeluaran dana kampanye tersebut nantinya akan diaudit oleh akuntan publik yang ditunjuk KPU Sumut. Jika jumlahnya melebihi batasan yang telah ditentukan, maka paslon dapat dikenakan sanksi berupa pembatalan paslon sehingga tidak dapat mengikuti Pilgub Sumut 2018.

(RRI /CN41 )