image

MULAI DIKERJAKAN: Pembangunan Pasar Paduraksa mulai dikerjakan dengan alat berat mulai dari sisi belakang.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

14 Maret 2018 | 22:30 WIB | Suara Pantura

Tertunda Setahun, Pasar Paduraksa Akhirnya Dibangun

PEMALANG, suaramerdeka.com- Setelah tertunda tahun lalu, pembangunan Pasar Paduraksa akhirnya dilaksanakan tahun ini, dengan anggaran baku sebesar Rp 6 miliar. Kabar akan dibangunnya pasar tersebut sebenarnya sudah terlihat sebelum Lebaran 2017.

Saat itu bangunan pasar lama sudah dibongkar seluruhnya dan selanjutnya pedagang ditampung di tempat sementara di halaman depan. Menurut rencana pasar akan dibangun setelah Lebaran, namun tak kunjung dilaksanakan.

Pedagang yang resah berunjuk rasa, karena hampir satu tahun menempati penampungan, sementara pembangunan pasar lama belum ada tanda-tanda akan dilaksanaan.

Kepala Dinas Koperindag Hepy Priyanto menjelaskan pembangunan yang dilaksanakan saat ini baru tahap pembuatan fondasi. Namun dia meyakinkan bahwa pelaksanaan pekerjaan akan selesai sesuai kontrak kerja.

''Kami perkirakan pada Lebaran tahun ini pasar sudah bisa digunakan untuk jualan walaupun belum selesai seratus persen,'' kata Hepy, kemarin.

Menurutnya, berdasarkan kontrak kerja pelaksanaan pembangunan akan berjalan sampai Oktober 2018.

Pihaknya memperkirakan sebelum kontrak kerja selesai pembangunan sudah rampung. Dia menyadari Pasar Paduraksa sangat dibutuhkan pedagang dan lingkungan sekitar. Dulu pembangunannya tertunda karena lelang mepet, sehingga pemborong tidak berani mengerjakan.

Selain Pasar Paduraksa, saat ini juga sedang dibangun sejumlah pasar. Di antaranya Pasar Randudongkal, Pasar Ulujami, Pasar Banjardawa, Pasar Bojongbata, Pasar Belik dan Pasar Pelutan.

(Saiful Bachri /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI