image

PUKUL KENTONGAN: Pjs Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi, memukul kentongan saat melaunching kampung KB di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Senin (16/4). (suaramerdeka.com/Cessnasari)

16 April 2018 | 22:24 WIB | Suara Pantura

Desa Kalibakung Sebagai Kampung KB

  • Pemkab Prioritaskan Desa Tertinggal

TEGAL, suaramerdeka.com- Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, mengawali pencanangan sebagai Kampung KB tahun 2018 pada Senin kemarin(16/4). Tahun ini, Pemkab Tegal akan dicanangkan 20 kampung KB di 18 kecamatan, dengan prioritas desa yang tertinggal dalam hal sarana prasarana,kesehatan, lingkungan dan tingkat kemiskinan.

Pencanangan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi dengan memukul kentongan. Turut mendampingi Pjs Bupati Tegal di antaranya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB), Kepala Dinas Kesehatan dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Balapulang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB)  Ahmad Thosim mengatakan pada 2018 ini akan dicanangkan 20 kampung KB di 18 kecamatan. ‘’Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang yang mengawali tahun ini,’’ ujarnya.

Menurut Thosim, pembentukan dan pencanangan kampung KB di Kabupaten Tegal dilakukan sejak 26 Mei 2016 dan hingga 27 Juli 2017 tercatat sudah ada 22 kampung KB yang dibentuk.

Menurutnya, pembentukan kampung KB diprioritaskan bagi desa yang tertinggal dalam hal sarana prasarana,kesehatan, lingkungan. Selain itu juga berdasarkan tingkat kemiskinan di desa tersebut. Adapun pencanangan kampung KB selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Warureja pada 18 April mendatang.

Layanan Gratis

Pada pencanangan kampung KB di Kalibakung kemarin, Dinas P3AP2KB memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Balapulang. Pelayanan tersebut meliputi pemasangan alat kontrasepsi implan dan IUD di Puskesmas Kalibakung dan Puskesmas Balapulang.

Sementara itu, Kepala UPTD P3AP2KB Kecamatan Balapulang, Purnomo menyampaikan, pada acara tersebut terdapat 28 akseptor memanfaatkan layanan KB gratis. ‘’Dari 28 aksepor, 25 akseptor diantaranya memilih menggunakan implan dan tig akseptor memilih menggunakan IUD,’’ jelasnya.

Menurutnya jumlah tersebut telah 70 persen dari target yang telah ditetapkan. Pencanangan kampung KB di Desa Kalibakung ini dipusatkan di RW 2 Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang.

Adapun kegiatan di kampung KB di antaranya penggalakan program KB, kegiatan pemberdayaan masyarakat antara lain Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Posyandu.

(Cessnasari /SMNetwork /CN40 )