image

BANTUAN: Bupati Djoko Nugroho menyerahkan buku rekening bantuan tanggap darurat bagi para korban kebakaran di Desa Jomblang, Kecamatan Jepon. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

16 April 2018 | 23:00 WIB | Suara Muria

Bantuan Kebakaran Diberikan Nontunai

BLORA, suaramerdeka.com– Dana bantuan untuk korban kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng diberikan dalam bentuk nontunai melalui rekening Bank Jateng. Pada Senin kemarin (16/4) bantuan diberikan kepada warga yang rumahnya terbakar di Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Blora.

Bantuan diserahkan oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu. Penyerahan bantuan dilakukan di bekas lokasi kebakaran pada September tahun lalu. Para korban yang rumahnya terbakar, menerima bantuan dalam bentuk nontunai melalui rekening Bank Jateng. Bupati berpesan agar dana bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki rumah.

‘’Kami berharap semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban para korban kebakaran. Untuk bantu-bantu membangun rumah kembali dan melengkapi perabotan yang lainnya. Dana bantuannya ada di rekening Bank Jateng. Jadi nanti jenengan bisa mencairkan ke sana. ‘Kersane ngertos Bank nggih Mbah,’’ kata Bupati kepada salah seorang penerima bantuan.

Kepala Pelaksana BPBD Blora Sri Rahayu menjelaskan, dana bantuan darurat kepada korban kebakaran diberikan senilai Rp 75 juta untuk lima orang keluarga korban kebakaran. Masing-masing menerima sejumlah Rp 15 juta dalam bentuk rekening Bank Jateng. Penerima adalah Suwarno, Slamet Edi Susilo, Suwaji, Kasto dan Sumijan.

‘’Tadi ada yang diwakili oleh istri,’’ kata Sri Rahayu.

Bantuan itu berasal dari Gubernur Jateng melalui BPBD Jawa Tengah atas pengajuan dari BPBD Blora. Hadir menyaksikan penyerahan itu Kepala Satpol PP Blora, Anang Sri Danaryanto, Camat Jepon, Free Bayu Alamanda, serta Kades Jomblang, Wawan Heri Subakir dan warga sekitar.

‘’Setelah kejadian kebakaran 4 September 2017 lalu yang melanda lima rumah warga di Desa Jomblang itu, kami dari BPBD Blora langsung menyusun berita acara bencana kebakaran dan mengajukan bantuan Pemprov Jateng. Hasilnya bantuan ini kami serahkan,’’ tandasnya.

Sumijan, salah seorang korban yang rumahnya terbakar menyatakan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan.

(Abdul Muiz /SMNetwork /CN40 )