image

foto: Istimewa

17 April 2018 | 05:17 WIB | Solo Metro

Pemkab Sukoharjo Siapkan Rp 2,5 Miliar untuk Benahi Batu Seribu

SUKOHARJO, suaramerdeka.com- Pemkab Sukoharjo menyiapkan dana Rp 2,5 miliar untuk membenahi objek wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu. Perbaikan nanti difokuskan pada bangunan utama, namun belum semua bangunan terjangkau, karena anggaran terbatas.

"Anggaran yang ada nantinya untuk pembangunan bagian bawah atau kolam renang saja. Selain itu, akan ada tambahan satu kolam renang juga untuk anak-anak," ujar Kepala Dispendikbud Sukoharjo, Darno.

Lelang pembangunan tempat wisata itu direncanakan pada bulan Mei - Juni. Anggaran dari Pemkab untuk pembangunan senilai Rp 2,5 miliar. Selain itu, pihaknya juga sudah mengajukan bantuan ke Pemerintah Pusat, yakni Direktorat Pariwisata senilai Rp 2,5 miliar.

Namun, apakah pengajuan anggaran tersebut nantinya disetujui atau tidak, pihaknya belum bisa memastikan. "Ditunggu saja, biasanya kalau pengajuan 2018 nanti akan turun pada 2019," ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam sebuah kesempatan menyampaikan, objek wisata Batu Seribu akan benahi tahun ini. Diharapkan, dengan rehap yang dilakukan tersebut keberadaan objek wisata itu akan lebih menarik minat wisatawan.

Keberadaan objek itu dapat memberikan dampak positif bagi warga sekitar khususnya untuk pendapatan asli daerah (PAD). Diakui, kondisi objek wisata tersebut saat ini memprihatinkan. Banyak sekali bangunan rusak dan terkesan tidak terurus.

(Heru Susilo /SMNetwork /CN34 )