image

Foto: Pemprov Jateng

17 April 2018 | 16:50 WIB | Semarang Metro

Dharma Wanita Persatuan Diskominfo Jateng Gelar Lomba Wiru Kain

SEMARANG, suaramerdeka.com- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah menggelar Lomba Mewiru Kain bagi anggota, Senin (16/4). Acara yang digelar di Aula Lantai I Diskominfo itu diikuti oleh nam peserta dari Sekretariat, Bidang TIK, IKP, e-Government, Statistik, dan Persandian pun adu kebolehan.

Dalam waktu lima menit, mereka diminta mewiru kain dengan cara Solo, yakni tujuh wiron dengan lipatan ke dalam. Waktu yang sangat terbatas membuat mereka berupaya keras melipat kain yang sudah disediakan panitia. 

Tak hanya mewiru kain, panitia juga melangsungkan lomba menggulung stagen. Pekerjaan itu juga tak lazim lagi dilakukan mengingat sekarang sangat jarang wanita yang mengenakan stagen karena sebagian di antaranya memilih untuk menggunakan korset. 

Selain itu kekompakan anggota DWP juga diuji melalui lomba pesan berantai. Meski hanya tiga orang, tak semuanya lancar melafalkan pesan yang disampaikan. Untuk mengalihkan konsentrasi, peserta pertama diharuskan memakan sepuluh butir kwaci matahari sambil membaca pesan, dan peserta ketiga pun wajib memakan sepuluh butir kwaci sebelum menyampaikan pesan kepada juri.

Kemeriahan juga terihat saat seluruh peserta yang mengenakan baju adat diminta untuk berlenggak-lenggok. Sorak-sorai dan teriakan penonton mewarnai satu demi satu penampilan anggota DWP.

Ketua DWP Diskominfo Jateng Dwi Karyanti Dadang Somantri menyampaikan, kegiatan lomba tersebut dilakukan untuk memeriahkan Peringatan Hari Kartini ke-139 Tahun 2018. Selain itu juga meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan di antara anggota DWP.

“Ini juga lomba yang kali pertama diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Kartini. Kami berharap, ke depan peringatan Hari Kartini dapat semakin baik,” tandasnya.

(Pemprov Jateng /CN41 )