image

Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun

12 Januari 2018 | 19:15 WIB | Liga Indonesia - Nasional

PSIS Targetkan Lolos Penyisihan Piala Presiden

JAKARTA, suaramerdeka.com- PSIS Semarang berambisi untuk lolos dari penyisihan grup Piala Presiden 2018 yang akan digelar 16-30 Januari mendatang. Target ini diharapkan mampu direalisasikan Haudi Abdillah dkk yang telah melakukan pemusatan latihan sejak 18 Desember lalu.

Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho menyebut target ini realistis. Mengingat pembentukan tim sudah dilakukan selama tiga pekan terakhir dan skuad asuhan Subangkit sudah melakoni empat kali uji coba dengan grafik yang meningkat.

''Dari lima grup yang ada di Piala Presiden 2018 ini, nantinya setiap juara grup akan lolos ke perempat final. Tiga slot tersisa di perempat final  akan dihuni tiga tim yang meraih predikat peringkat kedua terbaik. Persaingat di setiap grup ketat dan cukup berat, tapi kami yakin bisa melalui fase ini,'' kata Setyo Agung usai menghadiri manager meeting Piala Presiden 2018 di The Sultan Hotel Jakarta, Jumat (12/1) petang.

Lawan PSIS memang tidak bisa dianggap remeh. Sebab ada juara Liga 1/ 2017 Bhayangkara FC, juara Piala Presiden 2017 Arema FC, dan tim kuda hitam Persela Lamongan. Namun  bukan berarti skuad kebanggaan Panser Biru dan Snex tidak diunggulkan.

Setyo Agung berpendapat PSIS sudah hafal permainan Arema FC dari dua kali uji coba dan membuat kejutan mengalahkan Bali United beberapa hari lalu dalam agenda yang sama. ''Peta kekuatan Liga 1 nantinya akan terlihat di ajang ini. Kami harap dengan tampil baik di Piala Presiden, sebagai tim promosi PSIS layak untuk diperhitungkan,'' lanjutnya.

PSIS juga akan mengambil keuntungan di ajang pramusim ini. Yakni bisa mendaftarkan enam pemain asing dari total maksimal 36 pemain yang bisa diikutsertakan. Dengan ketentuan pemain asing yang bisa bermain di sebuah pertandingan yakni tiga pemain asing dari negara bebas plus satu pemain asing asal Asia.

Namun perlu menjadi catatan, tiap tim peserta wajib mendaftarkan minimal tujuh pemain lokal di bawah usia 23 tahun per 1 Janurai 2018. Sejauh ini Subangkit baru punya enam pemain U-23 dari total 19 pemain lokal yang sepakat dikontrak semusim ke depan. Regulasi pemain U-23 ini tidak mewajibkan ketujuh pemain dimainkan secara langsung maupun berada di line up pertandingan.

''Regulasi Piala Presiden memungkinkan PSIS bisa melakukan seleksi pemain asing. Sementara ini kuota pemain asing kami baru diisi Ibrahim Conteh dan Petar Planic. Kebutuhan dua pemain asing  yang satu di antaranya pemain asal Asia nantinya bisa kami rekrut dari hasil seleksi di Piala Presiden. Lalu untuk pemain U-23 kami tidak ada masalah, sebab ada beberapa pemain muda PSIS musim lalu yang bisa kami ikut sertakan,'' tandas Setyo Agung.

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )