image

Foto: Francisco Leong / AFP / Getty Images

14 Februari 2018 | 09:15 WIB | Liga Champions-Europa

Klopp Tegaskan Fokus Liverpool untuk Singkirkan FC Porto Lebih Dahulu

OPORTO, suaramerdeka.com- Manajer Liverpool, Juergen Klopp menyebut timnya ingin lebih dahulu fokus menyingkirkan Porto di babak 16 besar. Dia juga tak cemas andai timnya akan menghadapi lawan sulit selepas dari babak 16 besar, karena yakin The Reds mampu melawan tim manapun.

"Saya sudah tahu bahwa kami bisa bersaing dengan mereka, saya tidak perlu memperhatikan mereka Saya pikir tim terkuat saat ini di Eropa adalah Manchester City dan kami sudah bermain melawan mereka dua kali di level tertinggi," ucap Klopp diSky Sports.

Di fase knock out, Liverpool sudah ditunggu Porto, di mana lebih dulu menyambangi ke Stadio Do Dragao Portugal, sebelum menjadi tuan rumah di Anfield. Andai melewati hadangan Porto, Liverpool akan melaju ke perempat final yang pertama kali sejak 2009.

Meski bakal menghadapi lawan-lawan yang lebih kuat, The Reds percaya diri setelah dua kali menghadapi Manchester City di Premier League. Di pertemuan pertama, Liverpool dibekap 0-5 setelah kehilangan Sadio Mane yang dikartumerah. Namun, di laga kedua, Si Merah gantian menyungkurkan City 4-3. Klopp meyakini City menjadi tolok ukur kekuatan tim-tim tangguh Eropa di musim ini.

"Premier League memang sedikit berbeda, tapi kalau kami bertemu mereka (City) maka kami bisa menang. Begitulah. Tapi itu tidak penting sekarang ini. Kami sedang berada di Porto dan itu adalah yang paling penting. Kami bisa membuat satu kesalahan, begitulah adanya di dalam hidup. Dan tentu saja kami sebagai tim tidak akan pernah melakukannya," tandasnya.

Selain itu, Klopp juga menepis pembahasan mengenai peluang juara Liverpool karena selain kompetisi masih panjang, fokus mereka saat ini adalah untuk lolos dari babak 16 besar.

"Saya rasa skuat Liverpool yang juara pada 2005 tidak memikirkan hal ini sebelum babak 16 besar. Kalau memang demikian, itu benar-benar membuat saya terkejut dan saya bisa bertanya kepada Rafa (Benitez). Saya cukup yakin mereka tidak begitu, jadi ini masuk akal. Saya tidak tahu. Andai kami di final, saya bisa bilang bahwa kami akan berusaha memenanginya tentu saja," kata Klopp di ESPNFC.

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )