image

SM/dok : Sono Kembang Catering

07 Januari 2018 | Ikapesta

Ungkapan Terima Kasih melalui Hidangan Pesta

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Berterima kasih kepada tamu undangan karena telah hadir dan berbagi kebahagiaan di hari spesial, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain hiburan menarik dan memastikan acara berjalan lancar, penyelenggara acara dapat menyajikan makanan spesial untuk para tamu undangan.

Sajian makanan pesta memang sudah sejak lama menjadi andalan sebagai simbol ungkapan rasa terima kasih. Tak ingin kecewa dalam menunjukkan rasa syukur melalui hidangan pesta, simak beberapa tips dari tiga vendor catering di Semarang ini.

Seoul Palace Outside Catering, penyaji makanan Korea dan Jepang yang diwakili oleh sang pemilik, Benita Eka Arijani ini menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan catering untuk hari istimewa. “Sesuaikan hidangan dengan tema pesta, jumlah tamu undangan, dan konsep pesta berdiri atau duduk. Jika pesta berdiri, sajian makanan harus yang mudah dinikmati. Selain memastikan vendor berkualitas, pastikan pesanan sesuai dengan kemampuan staf vendor.

Yang terpenting adalah keseimbangan antara konsep yang diinginkan dan biaya yang harus dikeluarkan oleh klien,” ujar pemilik akun instagram @seoulpalacesmg ini.

Resto yang sudah berpengalaman sejak 1988 ini membuktikan makanannya selalu menjadi incaran para tamu undangan. “Di setiap pesta hidangan Korea amat disukai, selalu memiliki antrean panjang dan habis. Menu favorit tamu undangan biasanya aneka barbeque, aneka gorengan, korean sushi, dan kimchi. Kami tidak menggunakan daging dan minyak babi, sehingga semua golongan dapat menikmati menu dari Seoul Palace Outside Catering,” tutur Benita.

Rizka Maulida, marketing strategy dari Sono Kembang Catering yang berada di Jalan Sinar Waluyo Raya No 99 Semarang menyarankan untuk memilih vendor catering yang dapat memberikan berbagai rekomendasi kepada klien. “Pilihlah vendor catering yang memberikan rekomendasi tepat dalam proses pemilihan sajian menu pesta. Pastikan catering tersebut memiliki menu beraneka ragam serta penataan dekorasi catering yang elegan,” tutur Rizka yang fokus pada traditional wedding catering.

Sesuaikan Bujet

Pemilik akun instagram @sonokembangprestige ini menyajikan menu Indonesian food, asian food, western, mediteranian food berupa buffet, dan foodstall. Vendor catering ini juga memastikan sajian makanannya halal. “Kami memiliki sertifikat halal dari MUI untuk jaminan sistem halal. Perusahaan kami juga sedang menuju sertifikat ISO. Ini semua demi kepuasan klien,” ujar Rizka yang juga melayani catering pesta ulang tahun dan syukuran.

Sementara Agus Santoso, direktur operasional Sixteen 8 yang berada di Jalan Ki Mangunsarkoro 38 Semarang sejak 1997 ini, menyarankan untuk fokus pada bujet. “Selain memilih vendor yang berpengalaman dan terpercaya di bidang catering, hal yang perlu diperhatikan adalah perencanaan bujet. Rencanakan bujet dengan cermat dan koordinasikan dengan vendor. Tentukan bujet setiap orang atau per kepala untuk tamu undangan. Alokasikan 80?ri total bujet untuk catering dan gedung, baru sisanya untuk dekorasi dan keperluan lain. Sebaiknya booking paling tidak satu tahun sebelum acara dilaksanakan,” ujar Agus yang menyajikan menu Chinese cuisine dan Asian food ini.

Sixteen 8 yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun ini menuturkan sajian menunya memiliki karakter berbeda. “Kami memiliki jam terbang tinggi. Tim chef kami berkelas internasional, sehingga mampu menciptakan cita rasa baru dan memiliki karakter berbeda. Kami juga memiliki kelengkapan peralatan pesta, baik oriental style maupun western. Meskipun pilihan menu kami Chinese Cuisinne dan Asian food dengan balutan modern, kami tidak meninggalkan taste yang elegan,” kata Agus Santoso.

Kiat-kiat yang telah dibocorkan oleh tiga vendor catering terpercaya di Semarang ini tentunya akan menjadi gambaran dan pegangan bagi para calon klien yang ingin mempersiapkan hidangan pesta sebagai wujud ungkapan terima kasih bagi para tamu undangan. Kini tak perlu khawatir tamu undangan akan kecewa atas sajian yang dihidangkan oleh penyelenggara pesta.(58)