image

SM/Asep Abdullah - DI ATAS BUKIT : Penambang tengah berada di atas tebing setinggi belasan meter di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (12/1).(20)

13 Januari 2018 | Solo Metro

Hujan, Penambangan di Bulu Diminta Hentikan Aktivitas

  • Lokasi Rawan Longsor

SUKOHARJO- Penambang pasir dan baru yang tersebar di sejumlah titik di kawasan perbukitan di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo diminta meningkatkan kewaspadaan, karena rawan longsor.

Menurut Camat Bulu, Sunarjo Hadi Purnomo, para penambang pasir diminta waspada mengingat intensitas hujan semakin tinggi. Kecamatan Bulu, merupakan kawasan perbukitan yang rawan longsor, seperti di Desa Sanggang, Kedungsono, Kamal dan Gentan.

”Sudah kami koordinasikan dengan kepala desa atau perangkat setempat. Warga atau penambang ini diminta waspada,” katanya, Jumat (12/1). Lebih lanjut Sunarjo menjelaskan, persentase penambang pasir dan batu terbilang paling kecil dibandingkan pekerjaan lain. Tetapi pemerintah tetap berupaya mengingatkan warga mengenai kondisi perbukitan.

Pasalnya kejadian penambang kelongsoran sering menghiasi berita di sejumlah kabupaten lain di Jateng. Bahkan penambang menjadi pekerjaan yang paling berisiko saat penghujan. ”Setiap titik paling ada beberapa orang, tetapi kami terus peringatkan. Kalau hujan deras, berhenti terlebih dahulu,” jelas dia.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, Heru Indarjo ikut mengawasi aktivitas penambangan pasir dan batu. Tidak hanya menindak jika ada penemuan lokasi tambang tak berizin, tetapi juga ikut mengawasi agar keamanan terjamin.

Apalagi jika berada di kawasan permukiman warga. ”Ada kader siaga trantib (KST) yang akan ikut mengawasi di setiap daerahnya. Kami juga berupaya menyampaikan prinsip keamanan bagi penambang,” katanya. Warga di Desa Sanggang, Suprianto (46) mengaku aktivitas penambangan yang dilakukan di kawasan perbukitan, cukup membahayakan.

Dia menyambut baik dengan peringatan terhadap penambang saat puncak musim penghujan ini. Bahkan tidak hanya akan berdampak bagi penambang secara khusus, tetapi jika longsor juga akan membahayakan permukiman. ”Bahkan penambangan berada di area akses arus lalu lintas dan jalan kampung yang cukup padat dengan kendaraan,” ungkap dia.(H80-20)