image

SM/dok : Riana Pagar Ayu dan Pagar Bagus

28 Januari 2018 | Ikapesta

IKAPESTA

Melayani Tamu dengan Pagar Ayu

  • Oleh Dhaneswari Tia

Ada yang belum tahu jika kini mulai banyak vendor yang menyediakan jasa pagar ayu. Terdengar unik, namun ternyata vendor-vendor ini memiliki tujuan baik, lho. Pagar ayu dan pagar bagus sewaan dapat meringankan beban pengada pesta di hari istimewa.

Banyak hal yang harus dilakukan pada saat pesta berlangsung, terutama pernikahan. Di sinilah peran usher, istilah untuk orang yang menawarkan jasa sebagai pagar ayu dan pagar bagus, demi meringankan tanggung jawab keluarga pada hari spesial. ”Para pagar ayu ini bertugas untuk melakukan pelayanan kepada tamu undangan. Mulai dari mengantarkan tamu undangan untuk menempati tempat duduk yang sudah disiapkan, memastikan semua tamu mendapatkan tempat duduk, dan juga dapat menjadi pengiring pengantin saat prosesi pengantin memasuki ruangan. Usher sangat berperan penting dalam pernikahan modern saat ini, karena keluarga dapat menikmati acara tanpa sibuk mengantarkan tamu,” ujar Joyce, pemilik dari Topeng Professional Usher yang beralamat di Jalan Semeru Raya 12, Semarang sejak 2008.

Joyce meyakinkan, usher yang berada di bawah naungannya tak hanya berparas cantik, namun juga berpendidikan baik demi menyediakan pelayanan berkualitas. ”Tim kami sangat solid. Kami memiliki koordinator yang dapat dipercaya serta usher yang berparas cantik dan berpendidikan baik, sehingga kami dapat memberi pelayanan yang baik dalam berbicara ataupun bersikap kepada tamu undangan,” kata Joyce, pemilik vendor yang memiliki alamat web www.topengeo.com ini.

Mengingat penuh gunanya jasa usher ini, Joyce menyarankan untuk memperhatikan kiatkiat dalam memilih vendor pagar ayu. ”Pilih vendor yang dapat dipercaya dan jujur, dengarkanlah rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa tersebut. Pilihlah kostum untuk pagar ayu yang sesuai dengan konsep pernikahan. Yang terpenting pilihlah pagar ayu yang tidak hanya berparas cantik, tetapi vendor tersebut juga memiliki catatan yang baik di kalangan wedding,” saran Joyce.

Sangat Membantu

Kehadiran usher atau pagar ayu ini memang sangat membantu sang pengada acara. Di Semarang sendiri ada vendor yang menjadi pionir pelayanan jasa pagar ayu, yakni D’Linda Pager Ayu. Diwakili oleh Desy Sulistyowati, vendor yang berada di Jalan Lamper Sari 18ASemarang ini menambahkan peran penting menggunakan jasa pagar ayu. ”Usher mempermudah tamu untuk mencari tempat duduk, menghemat tempat duduk agar tidak bolong-bolong, membantu memberi petunjuk untuk tamu yang hadir atau membantu mempelai saat bagi kue serta membantu keluarga sebagai petugas penerima kado,” jelas Desy.

D’linda Pagar Ayu menegaskan adalah vendor khusus yang menyediakan jasa pagar ayu, sehingga fokus dan tidak menyabang ke vendor lain. ”D’Linda adalah pionir jasa pagar ayu di Semarang. Kami juga hanya menyediakan jasa pagar ayu, sehingga fokus dan berpengalaman di bidangnya. D’Linda tidak menyabang ke pagar ayu lain,” tegas Desy.

Senada dengan Desy, Riska Trisyanti Kartika, perwakilan dari Riana Pagar Ayu dan Pagar Bagus yang beralamat di Pekunden Dalam 49 Semarang ini, juga menuturkan banyak manfaat menggunakan jasa usher. ”Pagar ayu mempermudah tamu yang datang untuk duduk sesuai dengan kelompoknya, memperingan kerja keluarga, sehingga mereka bisa menikmati acara tanpa khawatir tamu mereka tidak terurus,” ucap Riska.

Vendor yang berdiri sejak 1990 ini memberikan kiat menentukan vendor pagar ayu. ”Tips dalam memilih vendor pagar ayu adalah klien sebaiknya bijaksana. Jangan membandingkan hanya dalam segi harga, namun juga memperhatikan dari segi kualitas, baik dari segi baju, make up, tatanan rambut maupun cara kerja,” jelas Riska yang memegang akun instagram @rianadancer ini.

Riska menuturkan, pagar ayu dan pagar bagus di bawah vendor Riana Pager Ayu merupakan anggota tetap bukan pekerja part time. ”Usher kami adalah pekerja tetap, bukan freelance, sehingga kami dapat mengontrol cara kerja dan tanggung jawab mereka. Kami juga memperhatikan penampilan pagar ayu dari ujung rambut sampai sepatu, agar terlihat sama dan rapi. Tinggi badan dan bentuk tubuh pun seimbang, sehingga terkesan rapi dan enak dipandang,” ujar Riska.

Menyimak urain para vendor berpengalaman tentang pagar ayu tentu membuka pikiran baru, ya. Ternyata ada juga yang menyediakan jasa pagar ayu dan pagar bagus demi kelancaran acara. Kini penyelenggara acara bisa menikmati berlangsungnya acara tanpa perlu khawatir tamu undangan tak terurus.(58)

Berita Lainnya