image

SM/Irawan Aryanto

10 Februari 2018 | Hello Kampus

#NARSIS

Makdeg... Bikin Kaget

  • Ada Kimia dan Fisika di USBN SMK

BAGAIpetir di siang bolong mungkin, itu yang diarasakan murid-murid SMK kelas XII kini. Karena pengumuman penting dari pusat melalui bapak ibu guru datang secara mendadak.

Bagaimana tidak,USBN yang tinggal menghitung bulan saja tiba-tiba ketambahan dengan mata pelajaran Kimia dan Fisika, yang notabene sudah tidak didapat semenjak naik ke bangku kelas XII. Peraturan itu baru saja datang, sehingga mau tidak mau membuat para bapak ibu guru kebingungan juga.

Jam pelajaran pun ditambah demi mengejar materi yang tertinggal. Kalau saja USBN bukanlah penentu utama kelulusan mungkin mereka masih bisa bernafas sedikit lega. Pengumuman mendadak ini pun sangatlah disesalkan, baik dari pihak guru maupun murid.

Dengan waktu yang sangat singkat, para murid dipaksa unuk berpikir ekstra demi mengejar materi fisika dan kimia yang sudah hampir setahun mereka lupakan. Para guru juga kewalahan harus membagi jam pelajaran dengan kelas lain.

Di SMK Negeri 7 Semarang sendiri, para murid kelas XII sudah mulai mendapatkan penambahan jam bagi kedua mata pelajaran tersebut. Meski awalnya agak berat, tetap harus dihadapi dengan gigih. Kami lalu wawancarai salah satu murid kelas XII SMK Negeri 7 Semarang, yaitu Kak kholiq.

Kak gimana nih perasaanya setelah mendengar bahwa USBN nanti bakal ada Kimia dan Fisika?

Kaget dong pasti, apalagi ini berlaku di seluruh Indonesia. Bayangin aja kita tidak dapet materi Fisika dan Kimia hampir setahun dan bahkan sudah hampir lupa karena sewaktu kelas X dan XII tidak terlalu memperhatikan alias santai, mengingat kelas XII nanti sudah tidak dapat.

Terus upaya apa saja yang sudah dilakukan Kakak dan teman-teman?

Yang pasti sih dari sekolah sendiri sudah menambahkan jam pelajaran dari kedua mata pelajaran itu. Kita dituntut untuk mengulang kembali materi kelas X dan XI. Dan materi sebanyak itu harus kita hadapi dan pelajari dalam waktu yang sangat singkat.

Lalu perasaanya gimana nih sekarang?

Pasti kecewa banget sama dinas pusat, yang ngasih pengumuman saja super mendadak begini, apa nggak mikir yang pusing bukan hanya kita. Sudah tugas banyak, masih ditambahi yang aneh-aneh.

Oke terima kasih atas waktunya Kak, semoga Kakak dan kawan-kawan sukses selalu.

Sama-sama, aamiin ya. Sukses juga buat kalian.

Tim Redaksi:
Az Zahra Hillarysa & Dewi Melati
SMK Negeri 7 Semarang

Berita Lainnya