image

Berfoto bersama di serambi Kelenteng Cu An Kiong

11 Februari 2018 | Jalan-jalan

Mampir ke Rumah Candu

SEPULANGdari Dasun, kami singgah ke Kelenteng Cu An Kiong dan Rumah Candu Lawang Amba. Kedua bangunan kuno itu berada di Desa Soditan, yang berjarak 1,5 kilometer dari Dasun. Kelenteng itu menghadap ke barat, ke arah Sungai Lasem.

Di kedua bangunan yang mencerminkan kehidupan multietnik yang harmonis di Lasem itu, kita akan ditemui dan dipandu oleh juru kunci. Dialah Pak Gandor. Lelaki sepuh yang masih pengkuh itu penuh semangat memberikan penjelasan mengenai riwayat kedua bangunan.

Bangunan rumah candu berdiri kukuh dengan pekarangan dan bagian dalam bersih dan terawat. Bangunan itu diberi nama Lawang Amba lantaran memang berpintu lebar. Pintu dari kayu jati pilihan itu begitu tinggi dan lebar, sehingga pengunjung bisa masuk berendeng berenam orang.

Disebut rumah candu lantaran dulu, pada masa kolonial, dari dan ke rumah itulah candu diselundupkan. Ada lubang di bagian rumah itu, yang merupakan terowongan ke arah sungai.

Dari lubang itulah candu yang dibawa perahu dari laut dimasukkan ke dalam rumah dan dari rumah itu didistribusikan di luar atau menyiasati kontrol ketat pemerintah kolonial Belanda. Kelenteng Cu An Kiong berdiri tak jauh dari rumah candu.

Sampai sekarang bangunan itu masih kukuh berdiri serta terawat. Oh ya, soal oleh-oleh, banyak pilihan bisa Anda bawa pulang. Anda bisa memborong ikan asing berbagai ukuran, sirup kawis khas Rembang, juga terasi enak berbagai kemasan.(44)

Berita Lainnya