15 Februari 2018 | Suara Pantura

Permukiman Warga Karangjati Terancam Longsor

  • Tebing Sungai Kritis

BUMIAYU- Ancaman longsor menghantui warga Dukuh Karangjati, Desa/Kecamatan Tonjong, Brebes. Pasalnya, jarak antara rumah dan tebing Sungai Pedes semakin mendekat akibat diterjang banjir.

”Banjir mengakibatkan tebing sungai kian tergerus. Jarak antara rumah warga dan tebing sungai kini tinggal 1-1,5 meter,” kata Wasito, warga setempat, kemarin. Menurut dia, ada 25 rumah yang terancam amblas jika tebing mengalami longsor dalam skala besar.

”Beberapa hari kemarin ada kerja bakti membuat tanggul secara manual untuk mengalihkan alur air. Namun dengan karakter Sungai Pedes, rasanya (upaya) itu saja belum cukup untuk mengamankan permukiman,” kata dia. Ketua RT 01 RW 05 Elvin Kristian mengatakan, kondisi tebing mulai kritis sejak Februari 2017.

Saat itu, banjir mengakibatkan tebing Sungai Pedes longsor. Jarak rumah warga dengan tebing yang semula 20 meter, tinggal 2-3 meter saja. Saat itu, PSDA langsung melakukan pembangunan tanggul untuk mengamankan rumah warga. ”Namun sayang kemarin ambrol lagi diterjang banjir. Arus sungai kembali mengarah ke tebing dan membahayakan rumah warga,” ujarnya.

Penanganan Segera

Pihaknya berharap, ada penanganan segera untuk mengamankan permukiman warga sekalipun sifatnya darurat. ”Sekarang warga gelisah terutama saat hujan dan banjir datang. Perlu ada penanganan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada mereka (warga),” katanya. Pegiat Green Forces,sebuah organisasi lingkungan hidup di Tonjong, Eko Agus Susilo, mengemukakan kondisi tebing kritis di Dukuh Karangjati sudah ditinjau tim PSDAJateng.

”Kebetulan kami ikut mendampingi, bahkan sudah ada rencana-rencana penanganannya,” kata dia. Namun melihat kegelisahan warga akan ancaman longsor, Agus berharap PSDA Jateng dapat mempercepat realisasi penanganannya. ”Dari 25 rumah yang terancam, ada 5-6 rumah yang akan terdampak langsung jika tebing itu longsor. Perlu respon dan langkah cepat untuk mengantisipasinya,” katanya.(H51-40)

Berita Lainnya