15 Februari 2018 | Solo Metro

Empat Raperda Baru Siap Digelontorkan

  • Propemda 2018 Dikebut

KLATEN- Empat draft Raperda disiapkan Pemkab Klaten untuk diserahkan ke DPRD pekan ini. Penyerahan itu untuk mengejar target Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemda) tahun 2018 yang sudah ditetapkan.

Kepala Bagian Hukum Pemkab Klaten, Bambang Srigiyanto menjelaskan, sesuai jadwal yang sudah disepakati, pekan depan akan diserahkan lagi empat Raperda baru ke DPRD Kabupaten Klaten. ”Jadwalnya pada 19 Februari besok kami serahkan lagi empat Raperda,” jelasnya, Rabu (14/2).

Penyerahan empat Raperda baru itu sekaligus akan dilaksanakan bersamaan dengan persetujuan dan penetapan empat Raperda lain yang sudah selesai dibahas. Empat Raperda baru yang akan diserahkan ke DPRD itu antara lain Raperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten kepada BUMD, Raperda tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah, Raperda tentang Penanggulangan Gelandangan dan Pengemis, dan Raperda tentang Penataan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Sudah Dijadwal

Draftke empat Raperda itu sudah siap diserahkan setelah disusun di Pemkab. Sedangkan yang akan dimintakan persetujuan DPRD untuk ditetapkan pekan depan antara lain Raperda tentang Pendirian dan Pengelolaan BUMDes, Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah Kabupaten kepada Bank Pembangunan Jawa Tengah, Raperda tentang Perburuan Burung, Ikan dan Satwa Liar Lainnya dan Raperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Menurut Bambang, Propemda 2018 yang berbeda dengan tahuntahun sebelumnya sejauh ini tidak ada kendala. Semua sudah dijadwal dan disepahami bersama DPRD.

Pembahasan draft diserahkan ke Komisi sekaligus sebagai panitia khususnya. Apabila lancar, Pemkab optimistis target penyelesaian Perda akan tercapai. Selain empat Raperda itu, tahun ini ada Raperda revisi. Termasuk Raperda revisi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sebagai hasil tindak lanjut dari rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Raperda RPJMD pun sudah siap diserahkan. Hanya saja soal apa saja detail yang direvisi, akan dibahas di pembahasan nantinya.

Menurut Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten, Herlambang Jaka Santosa jumlah Raperda yang ada di Propemda tahun ini mencapai 28 Raperda. Jumlah itu di luar Raperda APBD. Baik itu Raperda dari Pemkab Klaten maupun usulan DPRD bagian hak inisiasi.

Program percepatan akan dilakukan mulai tahun ini, sehingga setiap satu Raperda selesai dibahas akan langsung disusul Raperda lain tanpa menunggu lainnya. Pembahasan Raperda akan diserahkan masing-masing Komisi. ”Komisi dan anggotanya menjadi Pansus Raperda meskipun pimpinan Komisi bisa disepakati anggota,” terangnya. Dengan begitu prosedur tidak akan terlalu panjang menyita waktu.(H34-43)

Berita Lainnya