image

SM/Surya Yuli P : Linda Kho

15 Februari 2018 | Berita Utama

Bisnis Media, Percetakan, dan Penerbitan Diuntungkan

  • Energi Tahun Anjing Tanah

PAKARfengshui Linda Kusuma atau Linda Kho menilai, meskipun Tahun Baru Imlek jatuh pada 16 Februari 2018, namun energi Tahun Anjing (Anjing Tanah) sebenarnya sudah terasa sejak 4 Februari 2018. Perayaan-perayaan biasanya dilakukan berdasarkan perhitungan kalender bulan, sedangkan perhitungan energi untuk berbagai aplikasi penting yang menyangkut kehidupan manusia, seperti fengshui dan bazi, dilakukan berdasarkan kalender matahari. Dengan demikian, bayi yang lahir pada periode waktu 4 sampai dengan 15 Februari 2018, memiliki shio anjing, bukan ayam.

Secara umum anjing merupakan hewan berelemen tanah. Sehingga 2018 ini, energi tanah bertemu dengan tanah. Berdasarkan siklus energi yang ada, hubungan antara tanah dan tanah adalah hubungan yang harmonis. Hal ini mengindikasikan bahwa pada 2018 ini dunia akan menjadi lebih harmonis. Intensitas konflik atau perselisihan pada tahun ini akan menurun, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya (Monyet Api 2016 dan Ayam Api 2017). Konflik yang terjadi cenderung menyangkut masalah keagamaan dan budaya. ”Lalu ada kemungkinan terjadinya bencana alam berkaitan dengan unsur tanah, seperti gempa bumi, tanah longsor, gedung roboh,” ujarnya.

Terkait bisnis, biasanya antusiasme dalam dunia usaha, disimbolkan dengan unsur api. Pada tahun Anjing, unsur api tersembunyi. Hal ini mengindikasikan bahwa geliat perekonomian tidak secerah tahun sebelumnya.

Terburuknya, banyak perusahaan yang jatuh bangkrut. Lesunya perekonomian ditandai dengan ketiadaan unsur api ini, akan berlangsung cukup lama. Setidak-tidaknya sampai dengan beberapa tahun ke depan. Meski demikian, dia menegaskan untuk tidak terlalu pesimistis. Pada waktu-waktu tertentu, unsur api yang tersembunyi akan mencuat ke permukaan, yang akan meningkatkan ritme perekonomian. Terutama pada bulan-bulan musim semi dan musim panas (Februari-Juli) di setiap tahunnya. Secara relatif dapat dipaparkan prospek bisnis berdasarkan unsurnya. ”Bisnis yang paling diuntungkan pada Tahun Anjing Tanah ini adalah bisnis yang berunsur kayu (fashion, media, penerbitan, percetakan, pendidikan, perkebunan, dan lainnya). Produktivitas bisnis yang berelemen api (hiburan, mainan anak-anak, penerbangan, bahan kimia, dan energi) akan meningkat, tapi profitnya rendah,” ungkap dosen FEB UKSW Salatiga ini.

Bisnis yang mendapat tantangan persaingan besar adalah bisnis yang masuk dalam kelompok tanah, seperti properti, pertambangan, bahan bangunan (semen, gipsum, asbes). Dua unsur bisnis yang lain, yaitu logam (seperti mesin, otomotif, hitech product) dan air (seperti transportasi, distribusi, shipping, komunikasi, air mineral, minyak), juga kurang terdukung positif di tahun anjing tanah ini. Kemudian terkait shio yang paling jiong adalah shio naga, disusul shio anjing. Untuk meminimalkan misfortune dari mereka yang memiliki shio naga, disarankan untuk banyak melakukan perubahan.

Perubahan tersebut seperti pindah rumah, pindah pekerjaan, banyak melakukan perjalanan (bisnis/wisata). Tujuan perjalanan atau perpindahan rumah, tidak boleh menuju ke arah grand duke. Pada 2018 ini, posisi grand duke (tai sui) ada di Barat Laut. Selain kedua shio tersebut, shio lain yang perlu meningkatkan kewaspadaannya adalah shio kerbau dan kambing karena ada risiko akan mengalami masalah konflik, disharmoni, relationship, dan kesehatan.

Analisis Bazi

Sementara itu, shio yang mendapatkan energi positif dari tahun anjing ini adalah kelinci, harimau, dan kuda. Meski demikian, Linda mengingatkan agar tidak hanya mengandalkan analisis shio sebagai bahan pertimbangan mengambil keputusan. Untuk menganalisis keberuntungan seseorang, sebaiknya menggunakan analisis bazi (delapan elemen atau four pillars of destiny). Selain berdampak pada alam dan peruntungan individu, pergantian energi tahunan juga berimplikasi pada energi fengshui. Pada Tahun Anjing tanah ini, bintang 9 (api) berada di tengah diagram bintang terbang tahunan. Hal ini mengindikasikan bahwa bencana yang berkaitan dengan unsur api akan meningkat frekuensinya. Sektor yang paling berisiko adalah sektor yang berlokasi di tengah atau utara. Bintang 5 kuning yang buruk pada 2018 ini berada di sektor utara. Jika bangunan dan pintu menghadap utara, maka sebaiknya dipasang genta angin berbatang 6 yang terbuat dari logam untuk menetralkan pengaruh buruk tersebut.

Selain itu, bintang buruk 2 (simbol masalah kesehatan) berada di sektor barat. Jika kamar tidur berada di sektor ini, perlu ditempatkan untaian enam koin logam di area kamar tidur. Pengaruh buruk dari bintang 5 dan 2 ini akan semakin besar jika dapur berada di sektor utara atau barat. Tai Sui atau grand duke berada di sektor barat laut. “Hindari mengusik sektor ini dalam rumah. Jangan melakukan renovasi dengan melakukan penggalian, merobohkan tembok, memasang paku, atau aktivitas lainnya yang akan mengaktifkan energi buruk,” tambahnya. Sektor buruk lainnya adalah utara, sehingga disarankan untuk menghindari duduk membelakangi sektor ini (tidak duduk menghadap selatan).(Surya Yuli P-67)

Berita Lainnya