15 Februari 2018 | Suara Kedu

SMP 26 Juara Umum Pencak Silat Jateng-DIY

PURWOREJO- Prestasi membanggakan dipersembahkan atlet-atlet pencak silat pelajar SMP 26 Purworejo. Para pendekar silat dari sekolah di jalan Purworejo-Yogyakarta Desa Popongan, Kecamatan Banyuurip ini, berhasil meraih juara umum. Prestasi itu diraih dalam kejuaraan pencak silat pelajar tingkat DIY-Jateng yang diselenggarakan SMA 2 Bantul.

Dalam event yang diikuti sekitar 300 atlet tersebut, para pesilat SMP 26 Purworejo berhasil mendominasi perolehan trofi kejuaraan hingga berhasil memboyong trofi juara umum. Kepala SMP 26 Purworejo, Kusnan Kadari ditemui di kantornya kemarin mengungkapkan, gelar juara umum tersebut merupakan kali kedua diraih para siswanya.

“Tahun lalu pada event yang sama SMP 26 juga meraih juara umum,” katanya. Kusnan didampingi pelatih siswa, Muh Ali Mas’udin dan Waka Kesiswaan Sumaryati Sri Rochani menjelaskan, dalam event tersebut, SMP 26 Purworejo mengirimkan 12 atlet.

Medali yang diperoleh terdiri atas tiga emas diraih Diyah Ayu, Vina Dwi R, dan Rita Fatma untuk kelas E. “Rita juga mendapat predikat pemain terbaik putri,” katanya.

Tiga Perak

Selanjutnya kontingen SMP 26 Purworejo juga mendapat tiga medali perak diraih Umar Syamsi, Nila Adelia Putri untuk kelas F, dan Nur Agni Oktavia untuk kelas G. Selain itu, mendapatkan satu medali perunggu diraih Vida Un Naila untuk kelas H.

“Perolehan medali terbanyak itu membuat SMP 26 dinobatkan sebagai juara umum,” katanya. Kusnan menegaskan prestasi diraih para siswanya itu sangat membanggakan. Hal itu merupakan buah dari kerja keras dalam berlatih. “Kerja sama antara siswa dengan guru pelatih sangat luar biasa.

Selama ini intens melakukan latihan,” ujarnya. Para atlet dan guru pelatih tersebut akan diberikan apresiasi dan insentif dari pihak sekolah.

Diharapkan prestasi diraih cabang pencak silat tersebut akan memompa semangat cabang lainnya agar bisa meraih prestasi. “Kami berharapkan SMP 26 ini bisa terus mengukir prestasi di bidang olahraga,” imbuh Sumaryati.

Menurutnya, gelar juara umum pencak silat tersebut sekaligus menjadi kado ulang tahun kepala sekolah Ke-54 yang jatuh pada tanggal 12 Februari. (H43-45)

Berita Lainnya