15 Februari 2018 | Suara Muria

Danrem Resmikan Kantor Koramil Donorojo

DONOROJO- Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede meresmikan bangunan kantor Koramil 12/ Donorojo, pada Rabu (14/2) pagi. Pembangunan kantor dan keberadaannya itu membutuhkan dukungan masyarakat setempat.

Hadir dalam peresmian tersebut di antaranya Rois Syuriah PCNU Jepara KH Ubaidillah Nur Umar, Dandim 0719 Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat, Kapolres AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Kajari Jepara Dwianto Prihartono, Kasatpol PP dan Damkar Istono, dan Asisten I Setda Jepara Abdul Syukur.

Kegiatan dibuka dengan tarian tradisional dari Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo dan aksi puluhan “tentara cilik”. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penanaman pohon oleh Kolonel Inf Joni Pardede.

Dalam sambutannya, Joni Pardede mengatakan, untuk bisa mendirikan sebuah kantor Koramil di suatu wilayah ini, tidaklah mudah. Tidak cukup hanya dengan lahan, namun juga perlu dukungan dari masyarakat sekitar untuk bisa mendapatkan izin. “Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Jepara yang telah membantu berdirinya kantor koramil ini dan merupakan satuan teritorial yang berada di tingkat kecamatan,” kata Pardede.

 

Sebelum dibangun kantor koramil, di wilayah Donorojo ini, sudah ada pos rayon militer. Sehingga, koordinasi antara muspika sudah ada terlebih dulu. “Setelah dioperasikan, danramil dan struktur perangkatnya akan segera dilengkapi. Sehingga pelayanan akan lebih efektif,” ungkap Pardede.

Indikator Kedekatan

Berdirinya sebuah kantor koramil ini, lanjut Pardede merupakan sebuah indikator kedekatan TNI dan masyarakat serta kepedulian pemerintah daerah akan kekuatan pertahanan nasional dari pusat ke daerah. “Ini rumah kita bersama,” papar dia.

Dandim Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat mengatakan, kantor ini merupakan koramil ke- 12 di Kabupaten Jepara. Masih ada beberapa kecamatan yang belum memiliki kantor koramil seperti Kecamatan Kembang, Pakis Aji, Kalinyamatan dan Nalumsari.

Dia juga menjelaskan, Koramil Donorojo berdiri di atas lahan yang dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Rumah Sakit Rehatta. Adapun dana pembangunan bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Jepara.

Kasatpol PP dan Damkar Istono berharap, bangunan baru atau Markas Koramil 12 Donorojo ini mampu meningkatkan kinerja koramil dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya serta membantu pemkab di Kecamatan Donorojo.(H15- 48)

Berita Lainnya