15 Februari 2018 | Suara Kedu

Ratusan Anggota Pramuka Ikuti Pesta Siaga

JEPARA- Sebanyak 860 anggota pramuka mengikuti Pesta Siaga Kwartir Cabang Jepara tahun 2018 di Alun-alun Jepara, Rabu (14/2). Mereka terbagi ke dalam 43 barung putra dan putri.

Ketua Panitia Sudarwanto menjelaskan, Pesta Siaga tersebut selain sebagai ajang pembinaan, juga untuk memilih perwakilan Jepara dalam Pesta Siaga tingkat Bimwil Pati yang berlangsung bulan depan.

Akan ada tiga barung putra dan putri terbaik yang dipilih untuk mewakili Jepara. “Semua barung mengikuti 10 taman lomba dalam Pesta Siaga,” kata Sudarwanto.

Taman lomba yang harus dilalui setiap peserta yaitu Taman Keimanan dan Ketakwaan, Taman Yel-Yel, Taman Atribut dan Keterampilan, Taman Pengatahuan Umum dan Kepramukaan, serta Taman Kecerdasan. Selanjutnya ada Taman Simpul, Taman Kompas, Taman Lempar Bola, Taman Budaya, serta Taman Sosial.

Kegiatan itu dibuka oleh Bunda Siaga Chuzaemah Ahmad Marzuqi. Di depan ratusan peserta Pesta Siaga serta tamu undangan, di antaranya unsur Majelis Pembimbing Cabang dan pengurus Kwartir Cabang Jepara, dia memberikan wejangan tentang perang penting gerakan pramuka.

“Gerakan Pramuka adalah tempat untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, memupuk rasa kebangsaan, dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” kata Chuzaemah.

Dia pun meminta agar anggota Pramuka senantiasa mengikuti kegiatan kepramukaan dengan sepenuh hati, penuh keikhlasan dan tanpa paksaan. Sebab anggota pramuka sendiri yang kelak akan memetik manfaat positif dari keaktifan di Gerakan Pramuka.(adp-48)

Berita Lainnya