image
15 Februari 2018 | Selebrita

Swift Bebas dari Gugatan

PENGADILANmenolak gugatan berisi tuduhan bahwa Taylor Swift mencuri lirik untuk lagu ”Shake it Off”. Pengadilan memutuskan frase yang dipermasalahkan tidak cukup asli untuk dilindungi hak cipta. Lagu ”Shake it Off” yang dirilis 2014 menduduki posisi pertama tangga lagu pop.

Itu menandai evolusi dia dari penyanyi country menjadi pop. Dua penulis lagu dalam gugatan menyebut lagu Swift mengambil frase ”players, they gonna play, and haters, they gonna hate” yang mereka ciptakan untuk lagu ”Playas Gon' Play” (2001) bagi grup R&B 3LW.

Lirik Swift dari korus ”Shake It Off” adalah ”the players gonna play, play, play, play, play, and the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate”. Pengacara Swift meminta juri Michael Fitzgerald menutup kasus itu pada Januari.

”Untuk membuat frase pendek dilindungi hak cipta, frase itu harus lebih kreatif ketimbang lirik yang dipermasalahkan di sini,” kata Fitzgerald. Penulis lagu yang menggugat Swift, Sean Hall dan Nathan Butler, tidak menuduh lagu Swift mencuri elemen musikal, kata juri, dan frase tentang players dan haters sudah ada di budaya pop sebelum 20- 01.

”Pendek kata, kombinasi players dan haters sudah dipakai sejak 2001, sehinggatakmemenuhisyaratperlindungan hak cipta,” kata juri seraya memberikesempatanHalldanButler merevisi gugatan.

Namun Gerard Fox, pengacara dua penulis lagu, menyatakan tidak berniat merevisi gugatan. Dia justru akan mengajukan banding.(ant-44)

Berita Lainnya