15 Februari 2018 | Internasional

Tirukan Jong-un untuk Protes Korut

TAMPANGNYAmirip Pemimpin Korut Kim Jong-un. Namun dia berbicara dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Korea. Saat penonton sedang asyik menyaksikan pertandingan tim hoki es tim gabungan dua Korea melawan Jepang di Gangneung, Korsel, kemarin pagi, dia tiba-tiba muncul.

Di hadapan para pemandu sorak Pyongyang, dia melambai-lambaikan bendera Korut sembari menari-nari. Namun tak lama, sekelompok aparat keamanan pun mengamankannya. Ini bukan kali pertama pria yang mengaku bernama Howard itu diamankan di ajang Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

Pada upacara pembukaan Jumat lalu, pria yang fasih berbahasa Inggris dengan aksen British itu juga diamankan oleh barisan keamanan karena menimbulkan kehebohan. Namun dia tak gentar. Di hadapan aparat kemarin, dia membantah telah membuat pernyataan politik.

Dia mengatakan, ”Saya hanya menunjukkan bendera dan wajah saya. Jika Anda tidak suka dengan wajah saya, tak ada yang bisa Anda lakukan. Saya terlahir seperti ini.” Pada 2016, peniru Kim Jong-un juga muncul dalam Olimpiade Rio.

Pada saat itu dia juga melambai-lambaikan bendera Korut. Dalam satu wawancara dia mengatakan secara profesional menirukan pemimpin Korut sejak April 2013. Pria berusia 30-an tahun itu mengaku tinggal di Hong Kong.

”Kebanyakan orang tahu saya hanya peniru. Namun ada juga yang terheran-heran dengan kemunculan saya yang tanpa pengawal,” katanya pada Independent kala itu. Howard mengatakan, dia sengaja menirukan Jong-un sebagai protes terhadap rezim Korut .(dailymail-mn-53)

Berita Lainnya