15 Februari 2018 | Olahraga

Kuota Atlet Cabang Olahraga Diverifikasi

  • Porprov Jateng 2018

SEMARANG- KONI Jateng saat ini tengah melakukan verifikasi kuota atlet dan nomor pertandingan tiap cabang olahraga Porprov Jateng 2018 di Solo, Oktober mendatang. Diharapkan, pekan depan telah rampung dan segera diberikan kepada KONI kota/kabupaten.

Ajang multicabang empat tahunan di Jateng tersebut nantinya akan mempertandingkan/ memperlombakan 46 cabang olahraga. "Kami masih terus melakukan pemetaan nomornomor pertandingan/perlombaan masing-masing cabang.

Mau tidak mau, dengan banyaknya cabang olahraga kami harus benar-benar selektif dalam menentukan nomor pertandingan. Ini yang terus dikoordinasikan dengan pengprov,'' kata Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Sudarsono di Semarang, Rabu (14/2).

KONI Jateng, lanjut Sudarsono yang juga Ketua Harian Pertina dan Wushu Indonesia (WI) Jateng itu, ingin kualitas Porprov 2018 mendatang meningkat. Karena itu, dalam menentukan nomor harus benar- benar yang tepat dan tidak asal. Artinya, tidak hanya sekadar memenuhi persyaratan minimum daerah peserta.

Tidak Asal-Asalan

"Harus diakui, ada cabang yang memaksakan nomor untuk digelar. Kami menentukan nomor tak hanya berdasar minimum peserta, tetapi kualitas peserta (atlet). Sebab, porprov ini menjadi salah satu acuan KONI Jateng untuk mempersiapkan menuju PON XX Papua 2020 nanti. Tidak asalasalan menentukan nomor,'' ucapnya. Saat ini, masih ada 700 nomor yang harus dibahas.

Perkiraan, Porprov Jateng 2018 akan diikuti sebanyak 6.200 atlet/pemain dari 35 kabupaten/kota ditambah 1.550 ofisial/pelatih. Pihaknya memahami keinginan cabang olahraga ingin menggelar nomor sebanyak mungkin. Namun, itu tak bisa dilakukan mengingat keterbatasan dalam di berbagai hal seperti tempat dan waktu.

"Meskipun penentuan ini sejatinya wewenang KONI Jateng, kami ingin mengakomodasi usulan pengprov. Sebab itu, kami terus berkoordinasi dengan pengprov cabang olahraga. Jumlah kuota ini memang sangat penting bagi KONI daerah terkait anggaran. Kuota secepatnya akan kami tentukan," tegasnya.(H85,mam-64)

Berita Lainnya