15 Februari 2018 | Olahraga

IPSI Jateng Lakukan Penyegaran Wasit

SEMARANG- Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jateng akan melakukan penyegaran wasit dan juri yang akan ditugaskan pada Porprov Jateng 2018 di Solo, Oktober mendatang. Hal ini agar pengadil tersebut bisa maksimal dalam bertugas dengan lebih menguasai aturan perrtandingan.

IPSI Jateng akan menempartkan wasit/juri terbaik yang dimiliki. "IPSI Jateng ingin agar pertandingan di Porprov nanti berjalan lancar dan fair bagi semua pihak. Karena itu, dengan penyegaran ini agar wasit bisa bekerja maksimal dan sebaik mungkin serat memegang teguh sportivitas.

Hal ini yang akan ditekankan saat refreshing wasit nanti,'' tutur Kabid Binpres IPSI Jateng, Indro Catur di Semarang, Rabu (14/2). Selain pemberian materi, pihaknya akan meningkatkan mental wasit dan juri. Faktor ini penting agar mereka nantinya tak terpengaruh dengan tekanan.

Harus diakui, tekanan mental saat ajang multicabang empat tahunan nanti akan besar. Karena itu, wasit harus benar-benar menguasai aturan sehingga punya alasan kuat dalam setiap keputusan yang diambil.

''SDM wasit dan juri di Jateng sangat banyak dan kompeten sehingga tak ada kendala bagi kami. Yang pasti yang terbaiklah yang akan memimpin laga di Porprov nanti. Sebab, kualitas pertandingan juga dipengaruhi faktor wasit.

Mereka juga telah menguasai aturan pertandingan dengan baik. Sebelum babak kualifikasi lalu, kami juga melakukan refreshing,'' tandas Indro. Cabang silat sendiri akan mempertandingkan 15 nomor laga dan enam nomor seni dengan kuota sementara 200 atlet yang akan bertanding. H

ampir semua kota/kabupaten meloloslan pesilat terbaiknya. Bagi Indro, hal ini sangat positif untuk silat Jateng. Akan memudahkan IPSI Jateng melakukan pendataan pesilat potensial. ''Kami mempersiapkan mereka untuk jangka panjang, bukan hanya PON. Banyak kejuaraan seperti kejurnas yang diikuti,'' paparnya. (H85,mam-64)

Berita Lainnya